email : bkpsdm.butonkab@gmail.com
Telepon :
lgdpn-bkpsdm-kabupaten-buton-20240117-1705456098.png

Festival Pesona Budaya Tua Buton 2018 Resmi Dibuka


artikel-festival-pesona-budaya-tua-buton-2018-resmi-dibuka-2019-06-23-1561293820.jpg

KBRN, Buton: Sejumlah kegiatan seni dan budaya Buton mulai dipertunjukkan dalam rangkaian acara Festival Pesona Budaya Tua Buton ke-6 tahun 2018.

Penyelenggaraan Festival yang telah masuk dalam agenda Pariwisata Nasional ini di pusatkan di Takawa, Kompleks Perkantoran Pemerintahan Kabupaten Buton, yang akan berlansung selama tiga hari, mulai 23-26 agustus 2018, dengan mengusung tema Tradisi Buton Memperkuat Pesona Indonesia.

Bupati Buton, La Bakri saat membuka Festival Budaya Tua, Rabu(23/8/2018)malam mengungkapkan, beberapa kegiatan seni dan budaya yang dipertunjukkan diantaranya pesona lomba seni tari, lomba perahu tradisional, pertunjukkan tradisi pedole-dole atau imunisasi tradisional, tradisi tandaki atau acara sunatan, resepsi posuo atau tradisi pingitan, pekande-kandea atau acara makan bersama. “Serta penampilan tari kolosal oleh lima ribu penari, yang akan membawakan tari-tarian tradisonal Buton,”ungkap La Bakry.

Lebih lanjut La Bakri menambahkan, selain menggelar Festival Budaya Tua tahun ini, Pemkab Buton juga menggelar Buton Expo, yang juga di pusatkan di alun-alun Takawa.

“Melalui Buton Expo ini, para wisatawan yang berkunjung, bisa akan  mengetahui perkembangan pembangunan kabupaten Buton melalui stand-stand pamaeran yang ditampilkan seluruh organisasi perangkat daerah,”terangnya

Karena itu La Bakri juga berharap, masyarakat Buton agar turut berpartisipasi mendukung  kelancaran dua agenda yang berlansung tersebut, sekaligus senantiasa terus menjaga dan memelihara nilai-nilai dan filosofi kebutonan dalam kehidupan bermasyarakat, sebagai aset budaya Bangsa.(Apr)